Doa Meminta Surga dan Berlindung dari Neraka

Pada kali ini saya mau share artikel tentang Doa Meminta Surga dan Berlindung dari Neraka. Dan berjumpa lagi dengan saya di blog Berkah Ramadhan dan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^ Baca juga tentang postingan saya sebelumnya ya teman :
Doa Meminta Surga dan Berlindung dari Neraka

ONE DAY ONE DOA
Selasa,  10  September 2019 M / 10  Muharam  1441 H

Oleh : Dr. Ajang Kusmana
(Tinggal di Kabupaten Malang Jawa Timur)

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

‘ALLAHUMMA INNI AS-ALUKAL JANNAH WA A’UDZU BIKA MINANNAR‘
aku memohon pada-Mu surga dan aku berlindung dari siksa neraka.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتْ الْجَنَّةُ اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنْ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتْ النَّارُ اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنْ النَّارِ

Rasulullah saw bersabda; Barangsiapa minta surga kepada Allah sebanyak tiga kali, maka surga akan berkata, ‘Ya Allah, masukkanlah ia ke dalam surga’. Dan barangsiapa minta agar dijauhkan dari neraka sebanyak tiga kali, maka neraka akan berkata, ‘Ya Allah, jauhkanlah ia dari neraka’.

[HR. Nasai No.5426].

Hadits tersebut memberikan dorongan kepada seorang muslim untuk selalu optimis bahwa doa termasuk jalan yang bisa menyelamatkan diri, disamping usaha.

Terdapat  doa berikut

اللهم أجرني من النار

’ALLAHUMMA AAJIRNII MINAN NAAR’ 7 KALI

Doatersebut berasal dari hadis berikut

إذا صليتَ الصبح فقل قبل أن تكلم أحداً من الناس ” اللهم أجرني من النار سبع مرات ” فإنك إن متَّ مِن يومك ذلك كتب الله لك جواراً مِن النار ، وإذا صليت المغرب فقل قبل أن تكلم أحداً من الناس اللهم أجرني من النار” سبع مرات فإنك إن متَّ مِن ليلتك كتب الله عز وجل لك جواراً مِن النَّار ”

Apabila kamu selesai shalat subuh, becalah doa berikut sebelum kamu berbicara dengan orang lain: ’Allahumma aajirnii minan naar’ 7 kali. Jika pada hari itu kamu mati maka Allah akan menetapkan bahwa kamu jauh dari neraka. Jika kamu selesai shalat maghrib, ucapkanlah doa ini sebelum kamu berbicara dengan orang lain: ’Allahumma aajirnii minan naar’ 7 kali. Jika malam itu kamu mati, maka Allah tetapkan bahwa kamu jauh dari neraka.” Hadis ini diriwayatkan Imam Ahmad dalam musnadnya no. 18054, Abu Daud no. 5079, dan Ibn Hibban 5/367.

Tentang hadits tersebut Syaikh Syuaib al-Arnauth mengatakan,

إسناده ضعيف، مسلم بن الحارث جهله الدارقطني، ولم يؤثر توثيقه عن غير ابن حبان. وقد اختلف في اسمه واسم أبيه

Sanad hadis ini dhaif, Muslim bin Harits dinilai majhul (perawi tak dikenal) oleh ad-Daruquthni, sementara penilaian dia sebagai tsiqah (perawi terpercaya) tidak dianggap dari selain Ibnu hibban. Ulama berbeda pendapat tentang namanya dan nama bapaknya. (Ta’liq Musnad Ahmad, 29/593). Hadis ini juga dinilai lemah dalam kitab as-Silsilah al-Ahadits ad-Dhaifah (kumpulan hadis dhaif), no. 1624.

Namun, redaksi doa selama itu tidak mengandung kesyirikan maka tidak mengapa diamalkan, dan terdapat hadis penguat anjuran untuk meminta surga dan berlindung dari neraka,  dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.”

(HR. Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth).



from Optimasi Dakwah .Net

Doa Meminta Surga dan Berlindung dari Neraka

Sekian artikel yang dapat saya bagikan tentang Doa Meminta Surga dan Berlindung dari Neraka

. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di Berkah Ramadhan sekian dari saya permalink untuk post kali ini adalah http://berkahramadhankita.blogspot.com/2019/09/doa-meminta-surga-dan-berlindung-dari.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top